Senin, 02 April 2012

PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA (MS. WORD)

A.   Pendahuluan
Dalam komputer sering dikenal istilah hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Hardware adalah segala peralatan atau perangkat yang berwujud fisik seperti fisik monitor, keyboard, mouse dll. Sedangkan software adalah serangkaian petunjuk yang berupa perintah-perintah yang disusun sedemikian rupa untuk melaksanakan suatu tugas yang akan dikerjakan komputer.
Perangkat lunak (software) atau serinng hanya disebut sebagai program dapat dikelompokan menjadi :
1.     Perangkat lunak sistem operasi, yaitu jenis perangkat lunak yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer, sehingga masing-masing dapat saling berkomunikasi. Sistem operasi  misalnya : DOS, Windows, Linux dll.
Sistem operasi windows merupakan sistem operasi yang berbasis grafik/GUI (Graphical User Interface) dan memungkinkan kita untuk mengontrol sistem menggunakan mouse untuk memilih obyek pada layar. Ikon (icon) adalah gambar yang merepresentasikan obyek pada komputer.
2.     Perangkat lunak aplikasi, yaitu jenis perangkat lunak yang memberitahu komputer bagaimana gambar, mengelola database, perhitungan gaji dll.

B.   Identifikasi program pengolah kata Ms. Word
1.     Pengertian Ms. Word
Adalah progrram aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat, mengedit dan mencetak dokumen teks. Beberapa macam program pengolah kata antara lain :
-Wordstar
-Chi Writer
-Abi Word
-MS-WORD
-AMI Pro
-Corel Word Perfect
-Open Office.org

0 komentar:

Posting Komentar